Minggu, 25 Desember 2011

Pare (Momordica charantia L) - Pahit tapi Bermanfaat

           

Pare (Momordica charantia L) - Pahit tapi Bermanfaat


        Buah Pare ,,Mungkin kata tersebut tidak asing lagi bagi kehidupan kita !! Buah pare memang kerap sekali dikenal akan kepahitan buahnya !! Hmm tapi, apakah kalian tahu bahwa dari kepahitannya tersebut terdapat kandungan yang dapat berguna bagi tubuh manusia ? O.k sebelum kita membahas kandungan apa saja yang terdapat pada buah pare, sebaiknya kita mengetahui apakah itu buah pare?
      
        Buah Pare atau buah yang dikenal dengan nama Momordica charantina l merupakan tanaman yang  tumbuh di dataran rendah dan banyak terdapat di daerah tropik. Tanaman ini tidak memerlukan banyak sinar matahari, hingga  dapat tumbuh di tempat agak terlindung. Tanaman pare ini termasuk tanaman setahun , merambat atau memanjat dengan sulur berbentuk spiral.

         Daun tunggal, bunga tunggal, berkelamin dua dalam satu pohon , bertangkai panjang, berwarna kuning. Buah, bulat memanjang , dengan 8-10 rusuk memanjang , berbintil tidak beraturan, panjang 8-30 cm. Rasanya pahit. Warna buah hijau, bila masak warnanya menjadi oranye. Biji banyak, warna coklat kekuningan, berbentuk pipih memanjang, serta keras.
 
      Di Jawa, ia dikenal sebagai paria, pare, pare pahit. Prieu, peria, foria, pepare, kambeh, paria ( Sumatera). Paya, paria, truwuk, paita, paliak (Nusa Tenggara). Poya, pudu, pentu, paria belenggede, palia (Sulawesi).


Kandungan Kimia

Daun pare mengandung momordisin, momordin, karantin, asam trikosanik, resin , asam resinat, saponin, vitamin A & vitamin C. Selain itu juga mengandung minyak lemak yang terdiri asam oleat, asam linoelat, asam strearat dan L. oleostearat. Berguna untuk peluruh haid, pencahar, perangsang muntah, dan penurun panas.

Buah pare mengandung karantin, hydroxytryptamine, Vitamin A,B dan C. Bijinya mengandung momordisin. Berguna untuk peluruh dahak, pembersih darah, menambah nafsu makan , penurun panas dan penyegar badan ....

hmm.... ternyata buah pare yang sering kita kenal akan kepahitannya , mengandung sejuta khasiat dan manfaat bagi tubuh kita. So, saya berharap dari artikel di atas, masyarakat Indonesia dan yang ada di  dunia selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi (4 sehat 5 sempurna) 

3 komentar:

Harun Hasibuan mengatakan...

nice post.......hehehe

Unknown mengatakan...

@IT-Soft Center: hahaha thanks brother !! .....

Unknown mengatakan...

Terima kasih, info bermanfaat. Dan telah saya jadikan referensi di blog saya..
http://www.sehatvita.com/manfaat-pare-untuk-membantu-mengobati-diabetes/

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►