Selasa, 30 Oktober 2012

Manfaat Terung Ungu Bagi Kesehatan




Terung Ungu (Solanum melongena Linn)
    Deskripsi
         Terung merupakan tanaman asli daerah tropis. Tanaman ini diduga berasal dari benua Asia, terutama negara India dan Birma. Daerah penyebaran terung pada mulanya terkonsentrasi di beberapa negara antara lain di Karibia, Malaysia, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur dan Amerika Selatan; lambat laun tanaman ini menyebar keseluruh dunia, baik negara-negara yang beriklim panas (Tropis) maupun negara-negara yang beriklim sedang (Sub-tropis). Sentra penanaman terung di Indonesia masih terpusat di pulau Jawa dan Sumatra.
            Terung termasuk tanaman setahun yang berbentuk perdu yang batangnya pendek, berkayu dan bercabang. Tinggi tanaman terung bervariasi antara 50-150 cm. Terung Ungu (Terung Craigi), terung jenis ini memiliki ciri-ciri: buah terung berwarna ungu muda, berbentuk bulat panjang dan ujungnya runcing.
            Kandungan Kimia
            Kandungan kimia/gizi dalam terung antara lain : air, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, kalsium, besi, fosfor, karotin, vitamin B1, B2, C dan vitamin P, asam nikotinat, dll. Vitamin P yang terdapat pada buah terung ungu berfungsi mengurangi kerapuhan pembuluh darah dan infiltrasinya, meningkatkan kemampuan tubuh merapatkan antara sel satu dengan sel lainnya dan memperbaikinya bila terjadi kerusakan sehingga pembuluh darah tetap dalam kondisi normal dan elastis, meningkatkan fungsi biologis dan mencegah pecahnya pembuluh darah.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►