Kamis, 22 November 2012

Manfaat Sirsak Belanda Bagi Kesehatan


Sirsak Belanda 

Deskripsi
Tumbuhan ini berbatang utama yang ukurannya kecil dan rendah. Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang hijau berwarna hijau tua sedangkan pada bagian bawahnya mempunyai warna lebih muda. Meski dapat tumbuh di sembarang tempat di daerah tropis, paling banyak jika ditanam di tempat yang tanahnya cukup mengandung air. Di negeri kita, akan lebih baik jika ditanam pada ketinggian 1000 mdpl.
Ada banyak nama lokal untuk buah bernama latin Annona muricata, misalnya nangka sabrang atau nangka landa (Jawa, Sunda), srikaya jawa (Bali), durian batawi (Minangkabau), nangka buris (Madura), srikaya balanda (Bugis), atau nangka walanda (Ternate)
Kandungan
Pada setiap 100 g buah, mengandung nilai kalori sebanyak 65 kalori, protein 1 g, lemak 0,3 g, hidrat arang 16,3 g, kalsium14 mg, fosfor 27 mg, besi 0,6 mg, vitamin A 10 SI, vitamin B 0,07 mg, vitamin C 20 mg, dan zat air 81,7%
Pada bagian daun dan batangnya, mengandung unsur senyawa tanin, fitosterol, co-oksalat dan alakaloid murisine. Pada daun ini terdapat senyawa aktif untuk pemompaan P-glycoprotein yang dapat menghasilkan senyawa antikanker.
Kandungan lemak yang rendah pada buah membuat sirsak sangat baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C yang tinggi menjadi sumber antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.
Fosfor dan kalsium yang dominan  pada buah penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta memperlambat osteoporosis. Keunggulan lainnya terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah, tetapi tinggi potasium
(kalium). Kondisi ini sangat menguntungkan dalam rangka mencegah penyakit akibat hipertensi.


0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►