Minggu, 04 November 2012

Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan


Kacang panjang (Vigna sinensis Endl)
 Deskripsi
Tanaman asal Africa ini dapat tumbuh pada ketinggian 1-1.000 m dpl. Kacang panjang merupakan tumbuhan merambat dan bisa tumbuh di tegalan, sawah, pematang, dan perkarangan rumah. Ia tumbuh subur di tanah gembur dan berhumus, dapat menahan air dan pH-nya 5,5-6,5.
Bunganya muncul di ujung tangkai yang panjang, berwarna putih, kuning, atau biru dan mekar pada pagi hari. Buah tanaman yang disebut kacang perut ayam (Melayu) ini berbentuk polong dan panjang dapat mencapai 75 cm. Bijinya bulat panjang dengan lekukan di tengah, berbentuk seperti ginjal, berwarna merah tua, putih, hitam serta belang-belang.
Kandungan Kimia
Setiap 100 g daun kacang panjang mengandung 135 mg kalsium. Sedangkan setiap 100 g buah kacang panjang mengandung 345 g kalsium. Kacang panjang bersifat hipoglikemik, yaitu mampu menurunkan kadar glukosa darah yang tinggi. Selain itu, kacang panjang berkhasiat sebagai zat antikanker, kanker payudara, leukemia, antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan,dan sukar BAB

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►